Portal Puskesmas Kota Depok

Puskesmas Kota Depok
Puskesmas
  • Puskesmas Mekarsari
  • Hari Kesehatan
2021-06-15 10:58:24

YUK, BANTU PEMERINTAH KURANGI KASUS KUSTA DI INDONESIA

  • Perlu kita ketahui masyarakat masih belum tahu banyak mengenai informasi tentang penyakit Kusta. Penyakit yg disebabkan oleh Mycobacterium Leprae ini perlu menjadi perhatian khusus di masyarakat. Pasalnya, kasus penyakit Kusta di Indonesia merupakan kasus terbanyak ketiga di dunia setelah India dan Brasil (WHO, Weekly Epidemiological Report, 2016). Selain itu, dikutip dari laman pari.or.id bahwa kusta ini termasuk salah satu penyakit yg terabaikan di Indonesia, selain Filariasis, Frambusia, Rabies dan lain sebagainya.

    Penyakit yang disebut Lepra ini dapat menularkan dari penderita melalui percikan saluran pernapasan (droplet) seperti batuk atau bersin secara terus-menerus dalam jangka waktu yang lama, sebab bakteri ini membutuhkan waktu yang lama untuk berkembang biak di dalam tubuh seseorang. Bersalaman dan duduk bersama dengan penderita tidak dapat menularkan bakteri ke orang lain. Dengan demikian, penyakit ini dapat menular tetapi tidak mudah menular.

    Dilansir dalam artikel kemkes.go.id bahwa penyakit infeksi yg menyerang kulit, saraf tepi dan saluran pernapasan ini dapat disembuhkan dengan pengobatan yang efektif yaitu dengan diberikan Multi Drug Treatment (MDT)  di Puskesmas atau fasilitas Kesehatan lainnya selama 6 bulan sampai 2 tahun.

    Anggapan buruk atau stigma maupun mitos yang beredar di masyarakat masih menjadi kendala dalam upaya penanggulangan kasus kusta di Indonesia. Sosialisasi masih menjadi andalan dalam membantu menambah informasi tentang penyakit Kusta. Dengan adanya kampanye hari Kusta Sedunia di minggu akhir Januari diharapkan membantu mengubah pemikiran masyarakat bahwa penyakit kusta dapat diobati dan disembuhkan.

    -27 Januari 2021 Hari Kusta Sedunia-

Download File